Rabu, 26 Oktober 2016

RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 4 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 1 Langsa
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/Satu
Materi Pokok                         : You are invited
Alokasi Waktu                       : 3 pertemuan (6JP)

A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. 
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1   Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.

2.
2.1.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1  Bersikap sopan dan santun dalam bertutur kata baik terhadap guru maupun teman.
2.2.1  Disiplin dan percaya diri dalam berkomunikasidengan bahasa inggris.
2.3.1  Bertangggung jawab dalam mengerjakan tugas - tugas bahasa inggris.
3.
3.4      Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1  Siswa dapat mengidentifikasikan dari siapa, kapan, dimana dan tema atau tujuan dari undangan pribadi dan kartu ucapan selamat (greeting card)
3.4.2  Siswadapat mengidentifikasikan kapan surat dibuat dan siapa yang menerima undangan pribadi dan kartu ucapan selamat.

4.
4.4      Menangkap makna undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana.
4.5      Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1  Mengidentifikasi makna undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), dengan baik dan benar.
4.5.1  membuat teks tulis (a) undangan pribadi dan (b) ucapan selamat (greeting card) sangat pendek dan sederhana untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai (sikap, pengetahuan, keterampilan).

C.      TujuanPembelajaran
Peserta didik:
1.1.1.1 bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
1.1.2.1 Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris;
2.1.1.1 Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan atau menggunakan barang milik orang lain
2.1.2.1 Tidak menyela pembicaraan orang lain pada waktu yang tidak tepat;
2.1.3.1 Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/materi.;
2.1.4.1 Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain;
2.3.1.1  Tidak mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya;
2.3.2.1  Mengerjakan setiap tugas yang diberikan;
2.3.3.1  Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya;
2.3.4.1 Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya;
3.4.1.1 Membuat undangan pribadi sesuai dengan koteks penggunaan;
3.4.2.1 Membuat ucapan selamat  sesuai dengan koteks penggunaan;
4.4.1.1 Mengidentifikasi struktur text untuk melaksanakan fungsi sosial dari text undangan pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya;
4.4.1.2 melafalkan teks undangan dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
4.4.1.3 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam teks undangan dengan tepat;
4.4.2.1 Mengidentifikasi struktur text untuk melaksanakan fungsi sosial dari text ucapan selamat  sesuai dengan konteks penggunaannya;
4.4.2.2 melafalkan teks ucapan selamat dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
4.4.2.3 menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam teks ucapan selamat dengan tepat;
4.5.1.1 Membuat kartu undangan pribadi menggunakan kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam kartu undangan;
4.5.1.2 Mengungkapkan makna undangan, struktur teks, dan unsur kebahasaannya;
4.5.2.1 Membuat Greeting Card menggunakan kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam ucapan selamat
4.5.2.2 Mengungkapkan makna ucapan selamat, struktur teks dan unsur  kebahasaannya.

D.      Materi Pembelajaran 

1.        Pertemuan 1
Undangan Pribadi
§  Pengertian undangan pribadi.
Personal invitation
Invitation is used to ask someone to come or join something or to special event. Personal invitation is the invitation to someone personally. It is closer than the business invitation or other. It can be in the form of written or spoken. Here is the format to write invitation:
a.    The heading
It contains three lines: one line for the writer’s street address, one for the city, state, and ZIP code, and one for the date.
b.   The salutation
Begun with Dear, it is written on the next line below the heading. It starts at the left margin of the page and is followed by comma.
c.    The body
The body is the main parts of the invitation. The body begins on the line following the salutation.
d.   The closing
The closing is written on the line below the last line of the body and is followed by comma. The first word of the closing should align with the first word of the heading. 
e.    The signature
The signature is the last part of the invitation. Skip a line after the closing and sign your name in line with the first word of the closing.
§  Jenis dan contoh undangan pribadi.

2.        Pertemuan 2
Kartu ucapan selamat (greeting card).
§  Pengertian kartu ucapan selamat (greeting card).
Greeting card
Greeting card is a piece of thick paper folded in half with a picture on the outside and a message inside, which you write in and send or give to someone, for example at New Year or on their birthday. Here are some kinds of greeting card.
a.    Congratulations card
Congratulations is something that you say to congratulate someone.
b.   Gratitude card
Gratitude is the feeling of being grateful. Here is the example of gratitude card.
c.    Invitation card
Invitation is when someone invites you to do something or go somewhere.

§  Jenis dan contoh kartu ucapan selamat (greeting card).



3.        Pertemuan 3
§  Ulangan harian.

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.        Pertemuan 1 (2 JP)
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1)     Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2)     Salah satu peserta didik menyebutkan 5 kosa kata baru.
3)     Brainstorming, Guru bertanya kepada peserta didik tentang undangan ulang tahun atau yang lainnya.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Peserta didik mengamati undangan pribadi tentang ulang tahun.
Menanya:
2)     Setelah mengamati, peserta didik bertanya tentang arti kata yang ada pada contoh undangan pribadi.
Mengeksplorasi:
3)     Peserta didik membuat sebuah undangan pribadidalambahasaInggris.
Mengasosiasi:
4)     Peserta didik membandingkan undangan pribadi tentang ulang tahun dengan jenis undangan pribadi yang lain.
Mengkomunikasikan:
5)     Peserta didik secara lisan membuat contoh undangan pribadi dan ditampilkan di depan kelas.

c.       Penutup (10 menit)
1)     Guru bersama peserta didik menyimpulkan tentang apa yang telah dipelajari hari ini.
2)     Guru memberi arahan tentang tema yang akan di pelajari di pertemuan selanjutnya.
3)     Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa inggris.

2.        Pertemuan 2 (2 JP)
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru menyampaikan salam, mencari perhatian siswa menggunakan ungkapan attention, dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2)     Salah satu peserta didik menyebutkan 5 kosa kata baru.
3)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Peserta didik melihat dan mengamati 62 gambar dari buku pada halaman yang berisi tentang kartu ucapan selamat (greeting card)
Menanya:
2)      Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya oleh guru tentang kartu ucapan selamat (greeting card)
Mengeksplorasi:
3)      Peserta didik mempuat contoh kartu ucapan selamat (greeting card) yang sederhana
Mengasosiasi:
meminta peserta didik untuk membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan ini. Gunakan teknik mengarahkan ‘Memahami Instruksi’ yang berada di bagian Petunjuk Pengarah.
Mengkomunikasikan:
4)      meminta peserta didik untuk membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan ini. Gunakan teknik mengarahkan ‘Memahami Instruksi’ yang berada di bagian petunjuk pengarah.

c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru bersama peserta didik memberi simpulan tentang apa yang telah dipelajari hari ini.
2)      Guru memberi tahu bahwa pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian
3)      Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa inggris.

3.      Pertemuan 4 (2 JP)
Ulangan Harian (30 menit)
Mengerjakan soal uraian sejumlah 7 butir soal
Pembahasan/Refleksi (20 menit)
Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indikator pencapaian kompetensi
Perbaikan/Pengayaan (20 menit)
Hasil analisis Ulangan Harian:
a.       Tuntas secara klasikal
Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
b.      Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.

F.      Penilaian
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian           :  Observasi
b.      Bentuk instrumen         :  Lembar observasi
c.       Kisi – kisi                      :


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
1-3
                        Lampiran 1

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian           :  Observasi
b.      Bentuk instrumen         :  Lembar observasi
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  

Sopansantun

1

  1.  

Tanggung jawab

2

  1.  

Kedisiplinan

3

  1.  

Istiqomah

4
Lampiran 2

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes tulis
b.      Bentuk instrumen         :  Soal uraian
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Mengidentifikasi dari siapa, kapan, dimana dan tema undangan pribadi dan mengidentifikasi untuk siapa dan kapan surat undangan dibuat
Soal Uraian No. 1



  1.  
Mengidentifikasi tema dan untuk siapa kartu ucapan selamat itu dibuat
Soal Uraian No. 2
                       
Lampiran 3
4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes praktik
b.      Bentuk instrument        :  check list
c.       Kisi – kisi                      :
No.
Indikator
Butir Instrumen

1.       

Membuat contoh undangan peribadi dan kartu ucapan selamat (greeting card)


Tes praktik 1

        Lampiran 4

G.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Umum: Scientific Method
2.      Model: Drill Method


H.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1)      Media
§  Gambar
§  Power Point
2)      Alat
§  Infokus
3)     Sumber belajar
§  Buku teks When English Rings a Bell


Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris



Suwandi, S.Pd
NIP. 19841230 200904 1 003


Mengetahui;
Kepala SMP Negeri 1 Langsa



MelurDiawan, S.Pd
NIP. 19620329 198111 2 001

 



                                                                                                             





Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen observasi     :  Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada
                                          indikator: Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
Petunjuk:
1.         Buatlah percakapan yang mengandung ungkapan attention dengan teman sebangkumu.
2.         Hafalkan percakapan yang sudah kalian buat.
3.         Praktekkan percakapan yang sudah kalian hafalkan.

Lembar observasi         :  Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3

  1.  
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.





  1.  
Mengagumi dialek temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.





  1.  
Mengagumi gesture temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.

1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi perbedaan dialek temannya.
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi gesture temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum

Konversi Penilaian:

Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1
ampiran 2: Penilaian sikap sosial (Observasi)
Instrumen observasi              :  Digunakanuntukmenilaisikapsosialpesertadidik, dalam
hal: kesopanandalambertutur kata danbertingkahlaku, tanggungjawab, kedisiplinan, danistiqomahdalammenyelesaikantugas – tugas.
No.
Sikap
Skor
1
2
3

  1.  
Kesopanan




  1.  
Tanggungjawab




  1.  
Kedisiplinan




  1.  
Istiqomah



JumlahSkor yang Diperoleh


No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kesopanan
1.   Tidaksopankepada guru dantemannyadalambertutur kata menggunakanbahasaInggrisataubahasa Indonesia.
2.   Sopankepada guru namuntidaksopankepadatemannyadalambertutur kata menggunakanbahasaInggrisataubahasa Indonesia.
3.   Sopankepada guru dantemannyadalambertutur kata menggunakanbahasaInggrisataubahasa Indonesia.
2
Tanggungjawab
1.   Tidakmenyelesaikantugas.
2.   Menyelesaikantugastapitidakmengumpulkannyatepatwaktu.
3.   Menyelesaikantugasdanmengumpulkannyatepatwaktu.
3
Kedisiplinan
1.    Terlambatmasukkekelasdantidakmembawaalattulis /bukubahasaInggris.
2.    Masuktepatwaktutapitidakmembawaalattulis/ bukubahasaInggris.
3.    Masuktepatwaktudanmembawaalattulis/bukubahasaInggris.
4
Istiqomah
1.    Tidakmencatatpelajarandantidakmengerjakantugas.
2.    Mencatatpelajarantapitidakmengerjakantugas.
3.    Mencatatpelajarandanmengerjakantugas.

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum

Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1


























Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis:
Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok tentang invitation card.

1.        Who is invited to the party?
2.        Who does celebrate the birthday?
3.        How old is she?
4.        When will the party begin?
5.        Where will the party begin?

No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
Bradley friend
2
2.
bradley
2
3.
6 years old
2
4.
Friday, June 3rd at 7 p.m.
2
5.
Leslie’s House
2
Skor maksimum
10


Nilai =
Jumlah Benar yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik)
Tes Praktik 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal:
1)      Membuat dialog percakapan.
2)      Mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
3)      Gesture yang sesuai.

No.
Indikator
Skor
1
2
3

  1.  
Kosa kata (vocabulary)




  1.  
Ejaan tulisan (spelling)




  1.  
Pengucapan (Pronunciation)




  1.  
Kelancaran (fluency)




  1.  
Gesture



Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Indikator
Rubrik
1
Kosa kata
(Vocabulary)
1.     Banyak kesalahan baik secara tertulis maupun lisan sehingga sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan namun masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan sehingga sangat mudah dipahami.
2
Ejaan tulisan
(Spelling)
1.      Banyak kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga bacaan sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris namun bacaan masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga tulisan mudah dipahami.
2
Kelancaran
(Fluency)
1.     Tidak lancar dan berhenti terlalu lama saat berbicara dalam bahasa Inggris.
2.     Cukup lancar, hanya berhenti sejenak saat berbicara dalam bahasa Inggris.
3.     Sangat lancar saat berbicara dalam bahasa Inggris.
4
Pengucapan
Pronunciation
1.      Banyak kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga sulit dimengerti.
2.      Ada beberapa kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris namun masih bisa dimengerti.
3.      Tidak ada kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga mudah dimengerti.
8
Gesture
1.      Menggunakan gesture yang sesuai dan tidak menunjukkan nervous.
2.      Menggunakan gesture yang sesuai tapi masih menjukkan nervous.
3.      Tidak menggunakan gesture yang sesuai dan sangat nervous.

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum



KISI-KISI ULANGAN HARIAN

KD:
Memahami undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks..

No.
Materi Ajar
Indikator soal
Nomor
Soal
Tingkat Kompetensi
C1
C2
C3
C4
C5
1.
Undangan pribadi dan ucapanan selamat (greeting card)
Mengidentifikasi dari siapa, kapan, dimana dan tema undangan pribadi dan mengidentifikasi Untuk siapa dan kapan surat undangan dibuat
1 - 5



Ö

Mengidentifikasi tema dan untuk siapa kartu ucapan selamat itu dibuat
6-7



Ö



Keterangan:
C1 = Mengingat, C2 = Memahami, C3 = Menerapkan, C4 = Menganalisis, C5 = Mengevaluasi



ULANGAN HARIAN
Soal no 1 – 5
Dear my best friend,
How are you friend? I hope you fine
Oh yeah, I will you to come to my 9th birthday! Bring your sincere present and don’t forget to pray for God.
Place: CFC Restaurant
Attire: Red Casual Attire
Time: 09.00 p.m – 12.00 p.m
Date: 13th November 2013
I’m waiting for your coming! Come before 09.00 p.m and wear your Red casual attire!
Thank for your attention friend
My sincere greeting,
Your friend
Hardi
1.      Who is invited to the party?
2.      Who does celebrate the birthday?
3.      How old is he?
4.      When will the party begin?
5.      Where will the party begin?
Soal no 6-7
6.      What theme in the greeting card above?
7.      Who is receive the greeting card?

KUNCI  JAWABAN

1.      Hardi’s friend
2.      Birthday Party
3.      9th years old
4.      At 09.00 P.M, November 3rd 2013
5.      CFC Restaurant
6.      Mother’s day
7.      Mother



Nilai =
Jumlah Benar yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum






0 komentar:

Posting Komentar

 

Donatteea Template by Ipietoon Cute Blog Design